kurang briefing
untuk artikel ini, kamu juga bisa dengerin di sini:
biasanya, gw kalo bilang “kurang briefing” itu maksudnya sesuatu itu kurang persiapan, miskomunikasi, ga ada kejelasan, dll. bawaannya kalo gw ngomong ini tuh agak ke arah kesel tapi juga ngakak.
tapi kali ini, gw dapat cerita dari temen gw yang jatuhnya the real definition of kurang briefing.
jadi, ada temen satu jurusan gw (sama² Teknik Elektro), namanya Fanan. gw sama Fanan ini juga kebetulan satu kelas (jadi temen² seangkatan gw dibagi lagi jadi 4 kelas), di kelas D tepatnya. (Fun fact: Fanan juga salah satu temen yang terlibat pas ada temen gw yang nyebut “tabag” sebagai “seperempat permanen”, walaupun untuk yang itu sih gw lupa yang mana tepatnya yang ngomong waktu itu)
nah, di matkul pertama, kita sempet ngobrol tuh (dia yang mulai percakapan). dia bilang, dia sebenarnya ga pengen masuk Teknik Elektro—bukan passion dia, katanya—malahan, dia pengennya masuk Psikologi. “Buku² bacaan gw isinya psikologi semua jir!” gitu katanya ceunah.
cuma gimana ya... kata dia, guru BK di sekolahnya ga pernah bilang apa² ke dia, ga pernah ngobrol sama dia, tau² dia dikasih kartu peserta UTBK, “pokoknya nanti tanggal segini kamu berangkat (ujian)”. dan ya, itu gurunya yang milih jurusannya, without Fanan's consent and agreement. jurusan yang dipilih sama gurunya itu: pilihan 1 itu Teknologi Informasi di UGM, dan pilihan ke 2 adalah jurusan kita sekarang.
dia bener² ga berharap bisa keterima lewat jalur SNBT, karena dia ga pengen masuk ke situ. cuma, singkat cerita, pas pengumuman, dia feeling santai soal hasilnya (hampir sama kayak gw, walaupun approach-nya beda, kalau di kasusnya gw, gw ngerasa optimis soal hasilnya). dan pas dia buka pengumumannya... dia keterima woy. dia malah ga ngerasa kek seneng² amat keterima... huffttt...
gw tanyain, kalau emang gitu ceritanya, kenapa ga cobain buat semigap tahun depan? jadi Fanan nyobain lagi ikut SNBT tahun depan dan ngambil jurusan yang dia mau (Psikologi). tapi kata dia, sayang banget nanti KIPK nya, gimana kalau dia diterima KIPK? kek, “lu udah dikasih kesempatan dapat KIPK tapi lu nyia²in”.
agak lain ceritanya kalo in case dia ga dapet KIPK—mungkin dia bisa aja nyobain semigap. tapi yaaa it's up to him, sih. gw tentu aja concern soal keinginannya masuk di jurusan yang sesuai sama minat dia.
ini bisa jadi pelajaran buat guru² BK dan intinya semua guru di SMA lah, kalo misalnya ada anak yang pengen ikut seleksi masuk PTN kayak SNBP atau SNBT, ya tentunya tanyain dulu sama siswanya, diskusiin dulu dia maunya di jurusan mana, yang sesuai sama minatnya. kalo kasusnya kayak Fanan gini yaa entar yang ribet malah muridnya sendiri ya kan.